Berita Terkini dari MalaysiaKini, Utusan Malaysia, Harian Metro, Berita Harian, Kosmo, Malaysian Insider, Harakah, Bernama, Keadilan Daily, Tonton Drama. Perkongsian cerita dan kisah untuk panduan, pedoman bagi diambil teladan dan sempadan.

 

Arti Singkatan pada Lensa Camera DSLR Nikon



Bagi para pemula dalam dunia photography pasti akan kebingungan mengenai singkatan-singkatan yang ada pada Lensa. Terutama Lensa yang ada untuk Camera DSLR besutan Nikon. Saya akan mencoba menjelaskan singkatan-singkatan yang digunakan untuk lensa Nikon.

Singkatan-singkatan ini berguna untuk kita mengetahui spesifikasi pada lensa yang akan kita pakai atau beli.Berikut ini adalah Singkatan dan Artinya pada Lensa Nikon

AF : Singkatan dari Auto Focus, artinya lensa bisa fokus secara otomatis melalui kamera.
 
AF-D : Auto Focus with Distance Information
Artinya sama seperti AF tetapi ada tambahan bahwa lensa AF-D mampu memberikan informasi jarak antara objek dengan lensa kamera, gunanya adalah untuk menentukan metering pada kamera

SWM : Silent Wave Motor
Lensa dengan singkatan SWM memiliki kemampuan untuk mengganti fokus dari auto focus ke manual focus secara cepat cukup dengan memutar focusing ring, tanpa harus mengganti mode focusing terlebih  tanpa harus mengganti dahulu seperti Lensa AF-D

AF-S : Auto Focus Dengan Silent Wave Motor
Lensa AF-S memiliki motor pada lensanya sehingga dapat digunakan untuk semua jenis kamera DSLR Nikon yang tidak memiliki motor sendiri.

IF : Internal Focusing


Lensa dengan simbol IF mampu mencari fokus secara cepat cukup dengan menggerakkan elemen internal tanpa harus menggerakkan barel lensa. Lensa dengan simbol IF mampu mencari fokus lebih cepat dibandingkan dengan lensa non-IF

RF : Rear Focusing

Lensa dengan simbol RF artinya cara lensa mencari titik fokus adalah dengan menggerakkan elemen internal pada bagian belakang lensa



G
Jika anda melihat huruf G dibelakang aperture lensa, misalnya: Nikon 50mm AF-S f/1.4G, artinya bahwa lensa tersebut tidak memiliki ring untuk mengatur aperture. Hampir semua lensa modern Nikon bertipe G.
 
Micro
Artinya sama dengan Macro, artinya lensa ini berguna untuk fotografi jarak dekat atau lebih dikenal dengan istilah Macro

PC-E : Perspective Control with Electronic Diapragm
Lensa dengan simbol PC-E memungkinkan lensa untuk digeser atau dibengkokkan.



ED : Extra Low Dispersion
Adalah lensa dengan chromatic aberration minimal, lensa ini tidak menyebarkan cahaya yang membuat munculnya chromatic aberration di foto.

DC : Defocus Control
Lensa dengan simbol DC memungkinkan kita mengontrol bokeh yang biasanya bagus untuk foto potret.


VR : Vibration Reduction
Lensa dengan simbol VR memungkinkan anda untuk menggunakannya dengan shutter speed yang rendah hanya dengan memegannya tanpa harus menggunakan tripod.Lensa VR dilengkapi dengan sensor gerak sehingga dapat meminimalisir Blur.

SIC : Super Integrated Coating
Lensa SIC dapat menghasilkan warna yang lebih bagus

N : Nano Crystal Coat
Lensa dengan simbol N biasanya ditampilkan dengan stiker emas dibagian atas. Lensa dengan nano crystal coat mampu meminimalkan ghosting dan internal flare sehingga foto yang dihasilkan bisa lebih jernih (clarity).

Dx
Lensa dengan huruf DX berarti lensa tersebut khusus didesain untuk digunakan dengan kamera DX milik Nikon seperti D3000/D5000/D90/D300s. Lensa DX juga bisa dipakai dikamera full frame Nikon (FX), hanya resolusi foto yang dihasilkan hanya separuhnya.


Semoga penjelasan mengenai Simbol-simbol pada Lensa Nikon dapat membantu anda untuk menentukan lensa apa yang baik untuk digunakan.

Comments :

0 comments to “Arti Singkatan pada Lensa Camera DSLR Nikon”

Post a Comment


Arkib




Blogged.my

Kongsikan